Urplan_Lupie's Blog

Utagami, Bermain Sambil Belajar tentang Gempa dan Tsunami

Posted on: May 9, 2010

Sayup-sayup terdengar ocehan riang anak-anak SDN Kejawan Putih dari dalam kelas. Sesekali terdengar jeritan nyaring mereka. Selidik punya selidik, ternyata mereka sedang asyik bermain Utagami.

Mungkin kata itu terasa asing karena Utagami hanya sebuah singkatan dari Ular Tangga Mitigasi Gempa dan Tsunami. Papan Utagami yang digunakan berukuran 5m x 5m, kira-kira berukuran satu ruang kelas. Dadu yang digunakan pun tak kalah besar menyesuaikan dengan papannya. Bidaknya menggunakan manusia. Tiap kotak dalam Utagami memiliki makna sendiri, umumnya mengenai tindak preventif menghadapi bencana gempa dan tsunami.

Angga, Una, Palupi, Cihe, dan Amanda merupakan tim PKMM Utagami dan semuanya berasal dari jurusan Planologi. “Kami memilih mengenalkan pelajaran tentang gempa dan bencana alam menggunakan permainan karena anak-anak lebih mudah ingat jika dikemas dalam permainan,” ungkap Cihe. Lebih lanjut Angga menjelaskan permainan ular tangga dipilih karena mudah dimainkan dan tiap naik atau turunnya pemain memiliki maksud tertentu.

“Pertama-tama kami melakukan pre-test untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan mereka terhadap gempa dan tsunami. Selanjutnya kami melakukan presentasi, dilanjutkan dengan simulasi mengggunakan Utagami dan yang terakhir adalah Pekerjaan Rumah (PR) untuk mengetahui seberapa banyak informasi yang mereka serap,” papar Cihe. PR yang diberikan berupa komik mengenai gempa dan tsunami dan di akhir komik terdapat beberapa pertanyaan.

Sikap lucu anak-anak saat mempraktekkan goncangan gempa membuat susana cair. “Kami memilih mendatangi SD yang berada di kawasan pesisir karena kawasan tersebut berpotensi terkena gempa dan tsunami,” jelas Cihe. Palupi juga memiliki harapan jangka panjang terhadap PKMM tersebut, dia berkeinginan metode Utagami dapat diterapkan di berbagai sekolah karena letak Indonesia yang rawan terhadap bencana.

Dari kejauhan terlihat guru-guru yang asyik memperhatikan muridnya bermain Utagami. “Kami mendukung kegiatan pelatihan mengenai penyelamatan gempa seperti ini karena anak-anak bisa tahu sejak dini,” ujar Suwarti sebagai Kepala Sekolah SD N Kejawan Putih II.

source: ITS-online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: